Monday, May 24, 2010

Resensi

1. Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. bahasa latin resensi diambil dari kata revider atau resensere yang artinya kembali, menimbang, atau menilai. Dalam bahasa belanda yaitu recensi dan dalam bahasa inggris yaitu review. Ketiga hal tersebut mengacu pada hal yang sama yaitu mengulas sebuah buku. Sehingga resensi adalah tulisan yang isinya memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi buku, membahas atau mengkritik buku, timbangan atas baik atau buruknya sebuah buku.
2. Manfaat bagi saya membuat resensi Buku :
1) Manfaat pertama jelas mengasah intelektual.
2) Memahami secara mendalam isi buku yang kita resensi.
3) Mendapat uang, jika resensi buku yang kita buat dimuat di koran atau majalah.
4) Jika produktif menulis resensi buku dan dimuat di koran, kita akan dikenal oleh penerbit buku, sehingga akan diminta penerbit merensensi buku yang akan dicetak.
3. Elemen yang paling mutlak ialah informasi seputar buku yang diulas.
Judul, Sub judul bila ada, judul asli apabila merupakan karya
terjemahan, penulis, penerjemah, penerbit, tebal halaman, dan cetakan
buku tersebut.
Karena ini merupakan ulasan bebas (misalnya untuk blog), maka kita
boleh menambahkan unsur lain sesuka hati. Sebut saja penyunting. Saya
tidak selalu mencantumkannya, terkecuali berkaitan dengan ulasan yang
saya tulis. Boleh juga kita menyertakan nama ilustrator. Beberapa buku
yang saya baca bahkan menampilkan nama proofreader dan editor
penyelia. Saat menyimak data-data seperti ini, kita akan menemukan
keragaman yang menarik. Penerbit tertentu cukup menyebut editor saja,
ada juga yang menggunakan kata 'penyerasi naskah' atau 'penyelaras'.
4. Hubungan antara strategi pemilihan penggunaan bahasa dalam penulisan resensi dengan keberhasilan penulisan resensi adalah sangat berkaitan, karena keberhasilan itu tidak akan lepas dari strategi pemilihan penggunaan bahasa yang benar serta bahasanya singkat, padat, tegas, dan tandas. selain itu, pemilihan bahsa harus disesuaikan dengan karakter media yang akan memuat resensi tersebut. pemilihan karakter bahasa berkaitan erat dengan penyajian tulisan yang tidak bertele-tele, ejaannya benar, bahasanya komunikatif, dan bahasa resensi bersifat enak di baca.
5. Hal-hal yang diresensi :
a. Organisasi buku, dalam hal ini buku tersebt dinilai berdasarkan kesusunannya atau organisasi penyajiannya.
b. Isi buku, dalam hal ini buku dinilai berdasarkan kelengkapan, kejelasan, dan ketajaman isinya.
c. Bahasa buku, dalam hal ini buku tersebut dinilai dari bahasa yang digunakannya, baik dari segi kebakuannya, kefektifan, maupun dari segi kemenarikannya.
d. Teknik penulisan, dalam hal ini buku tersebut dinilai dari segi penggunaan ejaan, kejelasan cetakan, kesalhan cetak, maupun dari segi kemenarikan buku tersebut, dari segi keindahan, keunikan, maupun dari segi ketebalan buku.
6. Menurut saya sebagai mahasiswa jenis resensi yang akan dibuat adalah resensi sastra karena jenis resensi ini mudah dibuat, selain itu kebanyakan dari mahasiswa menyukai sastra baik itu novel atau yang lainnya. Sehingga sumber buku yang akan diresensi mudah didapat, mahasiswa juga mudah memahami isi buku sastra karena isinya menarik.
Sumber: http://penerbitanbuku.wordpress.com/2008/01/08/manfaat-meresensi-buku/
http://rinurbad.multiply.com/journal/item/1317

0 komentar: